Administrasi Pembangunan


TAHAP TINGGAL LANDAS PEMBANGUNAN

Tahap tinggal landas (take-off) merupakan salah satu dari lima tahap pertumbuhan ekonomi. Tahap tinggal landas telah terjadi dalam dua tipe masyarakat yang sama sekali berbeda, dan oleh karena itu proses pembangunan prasyarat tinggal landas telah beraneka ragam. Dalam tahap pertama dan yang paling umum pencapaian prasyarat menuju tinggal landas memerlukan percobaan besar dalam susunan politik dan social, dan bahkan dalam nilai-nilai social yang efektif. Dalam tahap kedua tinggal landas telah terlambat bukan karena rintangan-rintangan politik, social dan kebudayaan tetapi karena tingkat-tingkat kesejahteraan yang tinggi yang terus meluas yang bisa dicapai dengan mengerjakan tanah dan sumber-sumber kekayaan alam. Dalam tahap kedua ini tinggal landas telah dimulai oleh suatu proses yang lebih sempit bersifat ekonomis seperti di Negara sebelah utara Amerika Serikat, Australia dan Swedia (W.W Rostow, 1965:45)
Permulaan tahap tinggal landas biasanya dapat diikuti dari suatu dorongan tertentu yang tajam. Dorongan tersebut mungkin mengambil bentuk suatu revolusi politik yang langsung mempengaruhi keseimbangan kekuasaan social dan nilai-nilai effektif, cirri-ciri lembaga ekonomi, pembagian pendapatan, pola pembelanjaan investasi dan proporsi pembaharuan-pembaharuan yang potensial yang sebenarnya digunakan. Namun, yang penting di sini ialah bukan bentuk dorongan itu tetapi fakta bahwa pendahuluan pembangunan masyarakat dan ekonominya menghasilkan suatu sambutan yang positif, bertahan dan memperkuat kekuatan sendiri terhadapnya. Hasilnya bukan suatu perubahan sekali saja dalam fungsi-fungsi produksi atau dalam volume investasi, tetapi suatu proporsi yang lebih tinggi dari pembaharuan-pembaharuan potensial yang diterima dalam pengaliran investasi yang lebih atau kurang teratur dan yang bertingkat lebih tinggi.
Menurut taksiran Rostow, masa tinggal landas di beberapa negara adalah seperti tampak pada Tabel di bawah ini.


Inggris
1783 - 1802
Industri tekstil
Perancis
1830 - 1860
Jaringan jalan kereta api
Amerika Serikat
1843 - 1860
Jaringan jalan kereta api
Jerman
1850 - 1873
Jaringan jalan kereta api
Swedia
1868-  1890
Industri kayu
Jepang
1878 - 1900
Industri sutera
Rusia
1890 - 1914
Jaringan jalan kereta api
Kanada
1896 - 1914
Jaringan jalan kereta api
Argentina
1935
Industri substitusi impor

Dari Tabel di atas bisa disimpulkan bahwa:
·     sebagian besar negara Barat mencapai masa tinggal landas pada abad yang lalu, kecuali Inggris, yang sudah mencapainya seabad sebelumnya.
·         masa tinggal landas itu berkisar antara 20 - 30 tahun.

0 komentar:

Posting Komentar